Keutamaan Doa dan Zikir Bulan Rajab yang Wajib Muslim Tahu

Doa dan zikir bulan rajab adalah hal yang harus dilakukan setiap muslim, agar bisa meraih pahala yang berlipat ganda. Sebab, bulan ini, termasuk ke dalam salah satu bulan haram atau suci bagi sekuruh umat islam. Bagaimana lafadz doa dan zikir bulan rajab, yuk simak lebih lanjut dibawah ini.

Doa rajab

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, biasanya umat Islam mengawali langkah-langkah ibadah pada bulan-bulan sebelumnya. Salah satu bulan yang sangat utama karena termasuk bulan suci adalah bulan Rajab, bulan ini datang menjumpai setiap muslim sebelum masuk bulan Sya'ban, lalu diteruskan dengan bulan Ramadhan. Oleh karena itu Kita selaku muslim harus mengetahui tentang keutamaan serta fadilah membaca doa dan zikir bulan Rajab.

Doa bulan rajab

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِغْنَا رَمَضَانْ

"Allahumma baarik lanaa fii rajab wa sya'ban wa balighnaa romadhon"

Artinya: Ya Allah berkah kan lah kami di bulan Rajab, dan sampaikan lah umur kami untuk bertemu bulan Ramadhan.

Itulah doa yang selalu dipanjatkan oleh para ulama dan setiap muslim di dunia ini, sebab bulan rajab termasuk bulan yang dekat dengan Ramadahan, yang mana pada bulan Ramadhan segala amal ibadah di lipat gandakan pahalanya.

Zikir bulan Rajab

Sebuah hadits Nabi Muhammad SAW, yang bersanad shahih menyebutkan: "Bulan Rajab adalah bulan Allah, bulan Sya'ban adalah bulan ku, dan bulan Ramadhan adalah bulan umatku".

Dari untaian sabda Nabi diatas, bisa kita simpulkan bahwa bulan Rajab adalah bulan yang sangat istimewa. Sebab pada bulan ini, Nabi kita menerima perintah sholat dari Allah SWT yang berjumlah 50 rakaat dan terus berkurang karena rahmat Allah hingga menjadi 5 rakaat.

Pada bulan Rajab juga, kita selaku umat Islam di perintah kan untuk memperbanyak bacaan istighfar, yaitu minta pengampunan terhadap dosa dosa yang telah diperbuat dari akil baligh sampai sekarang ini.

Bacaan istighfar Rajab, banyak sekali macamnya dan salah satu yang banyak diamalkan adalah bacaan zikir rajab berikut ini.

رَبِِّغْ فِرْلِيْ وَتُبْ عَلَيَّ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْم

"Robbigh firlii watub 'alayya innaka anta tawwaburr rohiim"

Artinya: Ya Allah ampunilah aku dan terima lah taubat ku, sesungguhnya engkau maha penerima taubat dan maha penyayang.

Bacaan istighfar berikut ini, adalah yang lazim dibaca oleh setiap pengajian dan pondok pesantren, yang mana sering di baca sebelum atau sesudah melakukan proses mengaji. Lafadz nya adalah sebagai berikut.


 رَبِِّغْ فِرْلِيْ وَرْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ

"Robbigh firlii warhamnii watub alayya"

Artinya: Ya Allah ampuni lah aku dan kasihanilah aku dan terimalah taubatku.

Selain jenis istighfar diatas, anda juga bisa membaca jenis istighfar yang biasa dibaca setelah selesai sholat fardhu. Kesemua jenis istighfar tersebut sangat dianjurkan diperbanyak di baca pada bulan Rajab fan minimal sampai 100 x.

Semoga apa yang penulis majlis doa ulas pada kesempatan kali ini yaitu tentang keutamaan doa dan zikir bulan rajab, bisa bermanfaat.
Share this article :
+
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Keutamaan Doa dan Zikir Bulan Rajab yang Wajib Muslim Tahu"

Komentar harap yang sopan dan sesuai dengan tema artikel.

 
Copyright © 2015 Majelis Doa - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia